Tuesday, March 28, 2017

Innovasi Jalan diatas laut

Berjalan diatas air? Mungkin anda akan berfikir bahwa hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh pesulap saja. Sayangnya para pesulap itu pun harus menggunakan alat bantu agar mereka bisa berjalan diatas air. Namun berbeda dengan konteks tulisan yang saya coba angkat kali ini, sebaiknya kalian melihat videonya terlebih dahulu.


Sebuah video dari account youtube bernama urban follks follks, mengunggah sebuah video yang cukup menarik. Dimana terdapat 3 orang berjalan diatas sebuah papan yang hampir menyerupai sebuah dermaga. Ketiga orang tersebut berjalan mengikuti bentuk jalan yang bergelombang ketika ombak datang. Walau belum dapat dipastikan darimana video tersebut diambil, namun ada satu hal yang menarik tentang video tersebut, yaitu jalan yang dilalui oleh ketiga orang tadi tidak basah sama sekali walau ombak menggulung dibawahnya.


Ini adalah salah satu penerapan polymer additives dalam kehidupan sehari-hari, dimana panel panel jalan yang dibuat merupakan plastik sintetis yang memiliki gelembung udara pada bagian dalam dan bagian bawah panel. Kemudian panel saling dihubungkan untuk memberikan kekuatan dan membagi gaya serta beban. yang mengakibatkan panel saling mengait dan tidak tenggelam saat diinjak.

No comments:

Post a Comment

Have To See & Subscribe